Saturday

Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh Teroh Sekarang

Teroh Teroh, Siapa sih yang tidak kenal dengan kolam Abadi dan air terjun Teroh Teroh yang letaknya  ini tidak jauh dari kota Medan, dan ini benar-benar tempat yang cocok bagi orang yang suka petualangan menyusuri hutan dan sungai.


Kolam Abadi dan air terjun yang ada di sekeliling lokasi tersebut, merupakan aliran sungai yang berada di daerah langkat, yang pernah buming di kalangan warga yang suka mencari sensasi baru dan ingin menenangkan fikiran sejenak dari rutinitas yang riwet di kantor dan kota.

Lokasi ini sempat buming di antara tahun 2014 sampai tahun 2016 silam, sebelum terjadinya banjir bandang yang menggeserkan bebatuan yang ada di aliran sungai tersebut, dan menimbulkan paradigma kalau sungai ini tidak aman lagi untuk di telusuri.

Namun, semuanya itu tidaklah sepenuhnya benar, karena setiap kita datang ke alam kita harus siap dengan apa yang alam beri ke kita, kita tidak bisa melihat dari satu sudut pandang saja apalagi kita mencap bahwa satu tempat yang memiliki sejarah buruk akan buruk sepanjang sejarah, tidak seperti itu kawan kenyataanya.

Balik lagi ke Teroh-teroh dan dan kolam abadi, yang meskipun kabarnya sudah pernah kena banjir bandang dulunya, tapi kini tetap tidak menghayutkan kecantikannya juga, malah sekarang lebih rapi dari sebelumnya.

Banyak juga mata air yang muncul dari sisi kiri dan kanan aliran sungai, yang airnya tentu bisa langsung di minum, jangan takut kalau nanti sakit perut, karena airnya yang keluar itu tentu dari mata air bukan dari aliran sungai, jadi aman di minum dan kemarin sewaktu aku minum airnya ada manis-manisnya gitu.

Perjalanan menuju ke air terjun seperti biasa, melewati kebun karet, aren, bambu dan lainnya hingga perjalanan sampai ke spot pertama yaitu kolam abadi, perjalanan menuju spot pertama itu sekitar 20 menit jalan kaki, dan sesampainya di kolam abadi, rasa perjalanan yang melelahkan itu akan terlupakan.

Lalu bagaimana perjalanan menuju kesana? Nah, kalau perjalanan menuju lokasi tempat wisata itu dari kota Medan sekitar perjalanan 1 Jam dan akses untuk ke sana juga sudah tidak sesulit dahulu, kalau dahulu jalan menuju ke sana itu jalannya hancur dan rusak berat, tapi sekarang perjalanan sudah nyaman, jalan juga sudah mulus.

Baca Juga : Tempat wisata 46? Pantai apa sungai sih?

Juga masalah pungli yang dulunya banyak sekali di sana, sekarang sudah dikit bahkan sudah tidak ada lagi semenjak beberapa tahun belakangan ini, dan sekarang tinggal nyaman saja untuk berwisata di tempat wisata satu ini.

Untuk masalah sholat, tentu ada musholah di dekat lokasi ini, jadi sebelum kita menyusuri aliran sungai di anjurkan kalau sudah masuk jamnya sholat, langsung sholat sebelum masuk ke lokasi, karena di dalam lokasi tidak ada tempat sholat, ya namanya juga sungai, bagaimana mau ada tempat sholat, dan di perjalanan itu sekitar 2 jam lebih perjalanan, tergantung kita menikmati aliran sungai itu.

Biaya masuk tergantung guide yang  membawa kita dan deal-dealan kita sama guide tersebut, kalau kita orangnya sedikit, maka mahalah harga yang kita bayar, tapi kemarin aku berangkat karna banyak sekitar 12 orang, kami membayar cuma Rp.35.000 saja, sementara kalau dikit bisa membayar sekitar Rp. 50.000,-

Barang yang kita bawa akan di jaga sama guide dan timnya, jadi jangan takut kehilangan barang selagi kita mendengarkan instruksi dari guide yang sudah kita pilih untuk menemani kita berpetualang di sepanjang sungai hingga ke air terjun.

Teroh-teroh dan Kolam abadi memang tempat yang bisa membuat fikiran kita tenang dan melupakan kerjaan yang membuat fikiran kita tidak tenang dan menghilangkan kebuntuan di fikiran kita, suasananya yang masih asri dan petualangan yang seru membuat ingin balik ke sana lagi.

Di tempat ini tidak hanya ada air terjun Teroh-Teroh, di sini juga ada air terjun tongkat dan beberapa air terjun lainnya, tapi yang best sellernya itu air terjun Teroh-Teroh ini.

Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri kalau mau menuju ke sana, ya syukur-syukur bisa menghemat pengeluaran, tapi kalau memang tidak mau membawa bekal di sana juga ada kedai nasi dan di lokasi ada yang menjual mie atau popmie yang bisa mengganjal perut.

Kalau mau ke sana bisa menghubungi kontak di bawah ini.

+62 852-0637-5382 - Moses

Dan ingat satu hal lagi, kalau sudah ke sana jangan pernah meninggalkan sampah sedikitpun ya kawan, meskipun hanya puntung rokok atau bungkus permen, karena kita yang harus menjaga alam yang kita miliki, bisa aja hari ini masih bagus, tapi karena sampah yang kita letak di situ suatu hari nanti bisa menghancurkan keindahan alam yang sudah di berikan ke kita.



4 comments:

  1. Wah, tempatnya asik nih kayaknya. Cerita wisatanya jangan lupa untuk ditulis juga di greatnesia ya. Bisa dapat saldo gopay/ovo lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dapat jodoh, kira-kira bisa engga ya?

      Delete
  2. waduuuhhh,,, sekian lama awak gak mampir, ehhh ada postingan teroh-teroh...
    btw, aku kemaren juga sempat kesana bareng temen-temen aku.. yaaahhh seru sih,, cuman keknya aku tobat deh kesana.. gilaaa paraahhh capek banget jalannya.. hadeeeuuhhh,,,,mulai dari pintu masuk dan ngetrip ke beberapa spot di teroh-teroh, sumpah tenagaku habis terkuras naik-turun jalan hutannya... dan btw aku juga buat videonya di igku.. heheheh

    intinyaaa... aku cuman mau bilang kalo dua permen loli milkita setara dengan segelas susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kalau udah merasa capek itu pasti kurang menikmati perjalanannya tuh, makanya kalau datang ke tempat baru awalnya coba jangan ngeluh dikitpun, ya minimal kalau mau ngeluh jangan di keluarkan, tapi di pendem aja di dalam hati, nanti bakal enak sendiri itu perjalanan. :D

      Delete