Saturday, September 9

Tips membuat Tebal Garis Outline Pada Corel Draw Agar Tetap Konsisten Seperti Aslinya

wah.. sepertinya sudah lama sekali blog ini di tinggalkan, sampai banyak kali sawangnya, ahaha
eh, apa kabar nih kawan-kawan?. Pasti sehat dong, nah di sini aku kembali lagi mau sharing dikit tentang ilmu yang ga seberapa tapi bermanfaat sekali bagi kita yang masih pemula-pemula dalam dunia design.
Nah bagi kita yang masih baru mengenal design apalagi design berbasis digital ga asing dong dengan yang namanya Corel Draw, ya tepat sekali, Software untuk membuat dan mengedit Bipmap atau Vector, nah kali ini ga banyak cerita akunya, aku di sini mau kasi tau aja sikit yang aku tau tentang Corel, soalnya aku juga kebingungan awalnya ketika menggunakan Corel Draw, nah di sini aku akan kasi tau bagai mana cara membuat outline pada Vector yang sudah kita edit agar konsisten skalanya, maksudnya itu gak berubah loh bentuknya jika di gedein atau di kecikkan. Oke jadi tipsnya itu begini...

PERTAMA

Pertama ya kita harus punya Software Corel Draw dulu dong, nah di sini saya akan memberitahukan dengan menggunakan Corel Draw X7 kalau ga punya Softwarenya download dulu dong, sudah banyak kok beserakan di internet, sebenernya pakai yang tipe mana saja sih sama aja hanya toolsnya saja yang agak berbeda posisi atau letaknya, jadi yang pertama kita buka dulu itu software.

Running Corel Draw

KEDUA

Yang kedua setelah di buka akan muncul tampilan laman Corel Draw, nah di sini aku akan mengilustrasikan mana sih yang outline yang ga konsisten itu, oke langsung saja lihat gambar..

contoh gambar sebelum skala outline menjadi konsisten
dari gambar di atas kita dapat melihat perbedaanya jika kita membuat suatu objek atau vector sebelum kita setting, contoh asli yang aku buat itu jika di perkecil (gambar kiri) maka outlinenya akan semakin membesar dan jika aku perbesar (gambar kanan) maka akan tampak lebiyh mengecil, apalagi kita membuat logo yang banyak menggunakan outline bisa-bisa kita merubah ukuran aslinya dan hasilnya lebih jadi berantakan, nah,,, di sini aku akan kasi tipsnya supaya gak berubah vektor yang kalian kerjakan jika kalian tarik untuk di perbesar atau di perkecil, penasaran? oke lanjut baca ke step 3..

KETIGA

nah di step ke tiga ini aku akan kasi tau caranya supaya vector yang kalian kerjakan tidak berubah bentuknya kalau di tarik mengecil atau di tarik membesar, oke kita lihat gambar di bawah ini..

contoh asli
oke di sini kita mempunyai contoh asli, dimana kita akan membuat outline objek atau vektor tersebut menjadi konsisten dengan bentuk aslinya, caranya..

lihat status bar di bawah lama

seleksi semua objek/vector yang akan di atur, oke sekarang lihat status bar di bawah laman kerja Corel Draw, di situ ada Fill Color dan Outline Color, lalu Double Click pada Outline Color sehingga muncul tampilan Outline Pen seperti ini..

Perhatikan panah orange
oke muncul tampilan seperti di atas nah sekarang coba perhatikan panah orange, di situ ada bacaan Behind Fill dan Scale With Object sekarang kamu centang deh keduanya, setelah itu tekan OK, nah mudah kan?? 
nah sekarang coba kamu bandingkan kamu buat 2 objek atau vector yang sama yang satu belum di ubah dan yang satu sudah di seting kamu bakalan tau kok perbedaanya.
penting atau tidaknya hal ini tergantung juga dengan designya sih, barang kali kamu nemuin kasus seperti ini dan kamu malah merubah ukuranya lagi satu satu kan repot, dan mungkin ini bisa jadi tambahan ilmu bagi kamu yang membaca dari awal sampai habis, sehingga kamunya ga gelagapan atau panik sendiri karna mikirin bagaimana cara membesar atau mengecilkanya, dan jika kamu nemuin masalah ginian kamu juga udah bisa menghandlenya sendiri dengan santai,,

nah mungkin itu tips kali ini, mungkin masih banyak yang kurang jelas atau kurang mendetail bisa di komen aja di bawah, dan semoga tips ini bisa meambah pengetahuan anda, terutama yang baru mengenal Corel Draw.



8 comments:

  1. waduh, kenapa dulu waktu belajar corel gak ketemu tulisan ini, ujung ujungnya aku males lagi belajar corel

    nah menurut kamu, mana yang mudah untuk design corel atau photoshop? dan hasilnya mana yang lebih memuaskan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kasian sekali kamunya, ahahaha

      wah, itu sudah 2 hal yang berbeda, kalau untuk tampilan dan masih untuk tahap belajar yang paling gampang ya menggunakan corel untuk pengerjaan vector, kalau untuk yang lebih ke manipulasi foto, lebih bagus menggunakan photoshop, kalau untuk hasil sih itu tergantung, kamu deisgnya pakai hati atau tidak, ehehe

      Delete
    2. untuk design tergantung kebutuhan sih bg.. saat ini aki lebih kombinasikan keduanya..

      tapi kukiat banyak tutor buat flyer pke photosop sedangkan banner spanduk d jlan pke coreldrau
      .
      .

      CMIIW

      Delete
    3. iya bang, kebanyakan sih di kombinasikan keduanya,

      kalau untuk flayer atau banner sih kebanyakan edit pakai photoshop habis itu di cetak pakai corel draw, kan corel sendiri lebih simpel tampilan dan pengerjaanya lebih mudah, gitu sih bang setau aku.. hehehe

      Delete
  2. rajin pakai corel baru tau juga ada yang ginian, biasanya awak ubah dulu garisnya jadi gambar baru di ubah2 secalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau di ubah jadi ke gambar, repot dong bang editnya lagi.. ehehe

      Delete

Terima kasih sudah membaca, menyukai dan mengometari.