Tuesday, December 20

Pantai Mangrove, Kampung Nipah With Blogger Medan

Pergi jam 7.00 pagi buru-buru pergi menuju rumah kawan di daerah Jamin Ginting, untung ngga lupa mandi pas mau pergi, Eh sampe rumah si kawan dianya juga belum mandi, astaga akupun udah geregetan liatnya, ahaha pengen kali mandikan dia cepat-cepat, bhahaha... akhirnya kawan-kawan yang lainpun datang ke tempat yang sama untuk pergi ke titik kumpul yang berada di simpang karya wisata..


Sudah pukul 8.00 Pagi, akhirnya semua ready untuk pergi, kamipun pergi menuju titik kumpul menggunakan angkot nomor 135, untung saja jalan tidak macat, jadi on time gitu loh pas sampe tempat tujuan, sekitar pukul 8.15 kami sampai di titik kumpul awalnya bingung loh, mana orangnya, kok ga ada, eh rupanya yang lain pada masih di jalan, dan kamipun menunggu mereka semua datang satu persatu..

Akhirnya sekitar jam 10.00 Pagi, kami berangkat menuju Pantai Mangrove yang berada di daerah Desa Muara Mambai masuk dalam Kecamatan Sei Nagalawan Kabupaten Serdang Berdagai.

Eh, Ini acara apaan sih?
----
Aku ceritain dulu ini yah.

Jadi gini awalnya akukan stalking Instagram gitu terus akunya liat ada acara Wisata Mangrove Bareng Blogger Medan acara ini sih katanya dalam rangka menyambut Universary yang ke 2 Blogger Medan alias Blog M dengan hastag #MedanBlogFest, jadi kegiatan ini gak cuma sekedar jalan-jalan kosong tanpa tujuan gitu loh, ini jalan-jalan penuh wawasan seputar tentang edukasi menanam mangrove di Pantai Mangrove Kampung Nipah.


Akhirnya selamat sampai tujuan sekitar pukul 12.20 siang, sesampainya kami di Pantai Mangrove kami di sambut hangat oleh pengelolah yang berada di sana, kami pun semuanya turun dari bus yang di sediakan oleh Pravda Holiday, setelah itu kami langsung naik ke perahu atau getek melewati sungai gitu menuju pintu masuknya Pantai Mangrove yang sudah menunggu kedangangan kami, dengan suasana sejuk kami melewati Hutan Mangrove yang hanya sebentar saja.

Ada yang karam kapalnya, wihh

Sungai menuju pantai mangrove
Sesampainya di pantai kamipun beristirahat sejenak melepas semua lelah saat di bus, kami menggelar tikar di bawah pohon cemara di pinggir pantai, dan di sini kami di pandu Bapak Iyan yang memandu kami untuk edukasi menanam mangrove, oh iya, ada yang mikir masalah kamar mandi ata tempat sholat nih?, tenang aja di sini di sediakan kok untuk yang mau ke kamar mandi atau sholat gitu, jadi gak ada alasan lagi deh mau ninggalin sholat,, ahahaha, meskipun kecil tetap harus sholat dong..


Mushollahnya ada juga kok
Sekitar pukul 1.30 siang gitu, edukasi mengenai mangrove di mulai, pak Iyan atau nama lengkapnya Ahmad Yani memperkenalkan diri dengan diikutin materi yang dia berikan, edukasi itu singkat tapi sangat padat isinya, pak Iyan menjelaskan mulai dari sejarah pantai mangrove sampai manfaat dan fungsi dari mangrove tersebut, yang mana kita ketahui dulu sewaktu sekolah menengah pertama fungsi mangrove ya untuk mencegah Abrasi akibat pengikisan tanah yang di sebabkan oleh ombak gitu.. Tapi ngga itu aja kok banyak manfaat lainya, mulai dari tempat tinggalnya biota laut, tempat tersedianya micro organisme untuk makanan laut, sampai tempat harta karun bagi para nelayan. Mangrove sendiri adalah tumbuhan tergenang saat pasang dan bebas genangan ketika surut.

Pembekalan Materi tentang pantai mangrove dan fungsi mangrove oleh pak Iyan
Setelah memberikan edukasi dan menjelaskan tentang mangrove pak Iyan mengajak untuk melihat pohon mangrove yang tadi di jelaskan oleh pak Iyan.

Pengenalan pohon mangrove secara langsung
Pak Iyan menjelaskan tentang pohon mangrove yang ada di kawasan pantai mangrove, setelah itu kami langsung di ajak untuk melakukan kegiatan selanjutnya yaitu menanam mangrove, eit,, menanam mangrove ga semudah kelihatanya loh, jadi sebelum mengambil bibit mangrove pak Iyan menjelaskan dengan perlahan bagai mana menanam magrove, dan di sini pak Iyan juga bilang, kalau menanam mangrove ini terlihat mana yang menanamnya Ikhlas atau yang menanamnya hanya sekedar formalitas, nanti terlihatnya kalau hanya sekedar formalitas pohon mangrovenya ga bisa tumbuh atau bisa-bisa mati..
Pak Iyan menjelaskan bagai mana menanam mangrove

Menanam mangrove

menanam mangroove nih ye.. wkwk
Selesai sudah edukasi menanam magrove setelah itu kami ikutan bermain permainan yang di buat oleh kakak-kakak dari Blog M. Kegiatanpun berakhir jam 5 sore, kami bebas berfoto-foto ataupun yang lainya, setelah itu kamipun berangkat pulang setelah berfoto bersama.

Foto bersama

Apa? ga ada Spot bagus tuk foto?
nih aku tunjukin deh salah satunya biar kamu tau,,

nih salah satu spotnya loh yaa, lainya cari sendiri ya, explore sendiri dong :p





No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca, menyukai dan mengometari.