Wednesday, May 8

Ramadhan 3; Dasar Awak

 

Alhamdulillah, sudah masuk ke puasa yang ke tiga, tapi kita emang sudah ngapain saja sampe hari ini? hayoo... mumpung masih panjang dan masih beberapa puluh hari lagi puasa, coba mikir deh kita sudah ngapai aja di bulan puasa kali ini...

Dasar awak, jadi ingat tahun bulan puasa tahun lalu yang ga ke sampean khataman, padahal tinggal dikit lagi saja kalau di lanjutkan bisa saja khatam waktu itu, tapi ya memang kenyataanya ga khatam mau bagaimana lagi, alasannya sih simpel dan mungkin sepele, tapi mungkin karena sepelenya itulah makanya di lalaikan sama Allah tahun lalu, ya alasannya itu adalah "nanti" Ramadhan masih panjang.

Dari kata-kata yang memalaskan diri dan menyibukan diri di hal-hal lahan atau ga berguna sama sekali kata-kata itu adalah pondasi yang paling kuat untuk meninggalakan apa yang sudah di targetkan, sampai-sampai besok udah hari raya saja.
 
Lucu memang kalau di ingat-ingat lagi apa yang sudah lewat dengan apa yang saat ini kita jalankan, hari ini mungkin bisa aja kita ketawa-ketawa sendiri dengan apa yang sudah lalu dan sudah kita lewati itu.

Tapi ada baiknya itu jadi pembelajaran, khususnya untuk awak, yang dimana kalaulah tahun lalu itu emang sesuram itu, insyaAllah tahun ini jangan sampai dan jangan sampai melebihi suramnya tahun lalu, ya bisa jadi bahan intropeksi diri saja.

Kalau dulu di bulan Ramadhan itu masih suka bilang nanti sama sholat, ya tahun ini bisa di ubah pelan-pelan juga yakan, bulan ini bisa jadi paksaan untuk diri kita untuk berubah jadi lebih baik lagi dan lagi, apalagi bulan ini bulan yang penuh dengan rahmatNya.

Ya, kalau tahun lalu ga bisa khataman satu kali, tahun ini bisa di khatamkan satu kali kalau bisapun lebih, kan belum tentu juga tahun depan kita masih jumpai yang namanya Ramadhan, jadi ya baiknya bulan ini di manfaatkan sebaik-baiknya, jangan terlalu banyak lahan, dan banyakin dosa kesana-kesini.

Tiap orang juga beda-beda kesalahannya, bisa jadi tahun lalu tiap minggu ga pernah absen motel makanan di siang hari, atau pas wudhu kumur-kumur air yang masuk banyak terus yang keluar tinggal dikit, ya pribadi sendiri-sendirilah yang tahu yakan.

Mungkin ini remainder saja sih untuk diri sendiri, dan mungkin kawan-kawan juga ada pengalaman buruk seperti itu di Ramadhan tahun lalu, dan tahun ini pingin berubah Alhamdulillah :D

Lanjut Baca ➥ Ramadhan 3; Dasar Awak

Sunday, May 5

Besok Sudah Ramadhan, Ingat Hal Ini!

Ga terasa ya besok sudah bulan Ramadhan lagi, baru aja rasanya beberapa minggu lalu ngerayain lebaran bareng keluarga dan semuanya, eh tau-tau besok sudah lebaran lagi aja.

Biasanya banyak hal seru yang di tunggu di bulan Ramadhan itu, mulai dari banyaknya penjual takjil di pinggir jalan, acara buka bersama bareng alumni turunan yang di mulai dari alumni TK sampai alumni kuliahan mungkin, atau juga bisa buka bersama dengan mantan diem diem, eh,. Banyak sih sebenernya yang biasa di rindukan di bulan suci ini.

Nah, mungkin bulan Ramadhan kali ini bisa jadi berbeda ada yang ramadhan kali ini ga bareng sama keluarganya karena merantau, atau ada yang sudah berduaan saja karena baru menikah, atau mungkin ada yang di tinggal dengan orang yang paling di sayang dalam hidupnya.

Biasanya ada aja yang bikin semangat di bulan suci ini dan ada juga yang bikin ga semangat saja di bulan ini, dan seharusnya mau bagaimanapun keadaan kita yang saat ini di coba oleh Allah kita harus tetap mensyukuri semuanya, dan harus tetap semangat dengan menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini dengan se senang senangnya, karena belum tentu kita bisa jumpa dengan bulan yang begitu banyak rahmatnya ini di tahun yang akan datang.


Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini harusnya kita bisa mensukseskan lima sukses Ramadhan, apa aja itu?

1. Puasa

Nah, sepanjang bulan Ramadhan ini kita di wajibkan dengan yang namanya puasa, ya puasa itu wajib hukumnya bagi orang muslim untuk menjalankannya, bukan hanya menahan makan dan minum, bukan hanya menahan nafsu untuk makan, tapi juga menahan semua nafsu yang ada di kita, misalnya nafsu untuk tidur seharian di kamar, ya sama aja nanti pahalanya ga ada, malah di bulan ini pahala yang di kasi itu berkali kali lipat, dan juga dosanya berkali kali lipat, jadi ya kudu hati-hati, karena kita bisa rugi sendiri loh kalau sampai kita terlewatkan dengan tidak puasa, apalagi kita membatalkan puasa dengan sengaja di siang hari, haduh, jangan sampai ya.

2. Sholat Trawih

Ini biasanya di laksanakan setiap malam Ramadhan sebelum sahur, nah, sholat trawih ini kalau kita bener-bener niat untuk menjalankannya selama bulan suci ini maka dan hanya mengharapkan pahala dari Allah, maka Allah akan berjanji nih untuk mengampuni dosa kita yang lalu, jadi harus trawih ya jangan sampe di tinggalkan karena buka bersama, ajang buka bersama itu jangan jadi ajang maksiat bersama ya, bahaya loh, hihi

3. Tadarus Al-Qur'an

Dalam bulan suci Ramadhan tiap malam itu rata-rata setiap masjid atau surau atau lainnya mengadakan tadarusan bersama, bisanya kalau di masjid itu targetnya khatam 1 kali dalam bulan ini, nah dalam bulan suci ini pahala yang kita dapatkan itu berkali-kali lipat, jadi biar ramadhannya sukses bacalah Al-Qur'an di bulan suci ini, jangan ga di baca, malah asik baca yang tidak ada gunannya saja, ya kalau ke masjid ndak bisa, di baca sendiri, paling ngga khatam satu kali di bulan ini, dan kalau emang belum bisa baca atau masih belum lancar, lebih giat lagi belajar dan berusaha sehingga saat selesai Ramadhan bacaannya sudah lancar dan kemampuan membaca Al-Qur’an juga meningkat.

4. Iktikaf dan Lailatul Qadar 

Malam seribu bulan, siapa sih yang bisa nandingi malam yang satu ini, yang dimana kalau kita ketemu malam ini, dan kita menjalankan ibadah kepada Allah, maka ibadah itu sama dengan ibadah kita selama seribu bulan, malam ini adanya di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan yang kita tidak tahu di malam yang mana akan ada malam Lailatul Qadar itu, maka dari itu di malam ke sepuluh terakhir ini mari kita rame ramekan masjid semalam suntuk untuk beribadah dan mengharapkan pahala dari Allah, awas jangan salah niat tapi ya, sia-sia saja nanti, ga dapat apa-apa juga deh jadinya.


5. Zakat Fitrah

Dalam Zakat Fitrah ini adalah zakat yang wajib di keluarkan oleh tiap orang muslim di bulan Ramadhan dan batas akhir penyerahan zakat ini sebelum sholat hari raya Idul Fitri atau sholat Eid yang di mana biasanya zakat ini berupa makanan pokok yang di berikan kepada amil zakatnya.

itulah yang harus kita sukseskan di dalam bulan suci ini, belum tentukan tahun depan kita bisa jumpai dengan bulan suci Ramadhan lagi, jadi ada baiknya di tahun ini yang dimana kita bisa menjumpai bulan yang penuh berkah ini kita manfaatkan dengan sebaik baiknya untuk mencari RidhoNya dan jangan salah niat juga ya jalankan puasa di bulan Ramadhan ini :D
Lanjut Baca ➥ Besok Sudah Ramadhan, Ingat Hal Ini!

Thursday, March 14

Alasan Sering Naik Sepeda Di Kota

Sepedaan, mungkin kalau di bilang sepedaan di tengah kota sekarang ini bikin serem ya, apalagi bisa di bilang kota Medan itu situasi kotanya cukup ramai untuk bersepeda setiap hari, apalagi di jam-jam sibuk yaitu di pagi hari dan di sore hari, sementara sepedaan yang paling mengasikan itu ya di jam-jam sibuk itu, yang ga terlalu panas atau terlalu dingin untuk menikmati angin pagi dan angin sore.

Awalnya niatan mau sepedaan itu ragu, ya karna beberapa faktor yang bisa di bilang tidak mendukung itu sih, apalagi ga ada kawan untuk sepedaan kota yang cukup besar ini, adapun ga bisa setiap saat sepedaan bareng, karena di sini lebih milih naik kereta¹ dibanding naik sepeda atau kendaraan lainnya.


Naik kereta udah jadi kebutuhan sehari-hari di kota Medan ini, mungkin setiap orang baik yang umurnya sudah 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun sudah punya kereta pribadi di rumahnya, apalagi kalau anak lajang, malu ih naik sepeda, mana bisa juga jadinya bonceng adek itu pas pengen makan mie Aceh.

Tapi tau ga banyak sih manfaat kalau kamu sepedaan di kota dengan mengesampingkan alasan capek dan takut sepedaan di tengah kota, sini aku kasi tau apa aja manfaatnya yang bisa di dapat dari sepedaan :

1. Bebas Macet

Nah, yang satu ini nih yang jadi alesanku naik sepeda, bebas macet dan bisa nyelip-nyelip di kemacetan kota tanpa takut nyenggol kendaraan lain, apalagi nyangkut di kemacetan gara-gara gak ada jalan untuk lewat di keramaian, dan gitu kalau ada macet dan ga bisa nyelip-nyelip juga bisa di tuntun sepedanya di terotoar, jadi bisa lebih cepat sampainya ke tempat yang ingin di tuju.

2. Hemat

Poin ini bukan karena berarti pelit ya, tapi dengan sepedaan itu di samping sehat juga hemat biaya, bayangkan saja kita naik kereta yang satu harinya bisa habis sepuluh ribu untuk membeli bahan bakar minyak di kalikan berapa hari udah habis berapa, belum lagi biaya parkir yang di tiap tempat kita berhenti di mintai dua ribu rupiah, satu hari tuh dah bisa beli bakso puas puas lah, dan coba aja di tabung uang hasil dari naik sepeda, pasti setahun udah banyak terkumpul, eits, kalau kamu gak boros juga ya, hehe

3. Lebih Tenang

Dengan sepedaan fikiran kita merasa lebih tenang, ga ada yang di fikirkan selama sepedaan kita sibuk dengan mengenjot pedal sepeda dan menikmati tiap meter perjalanan dengan menggunakan sepeda, selama bersepeda kita akan menikmati kenyaman yang gak kita dapatkan selama kita naik kereta, ga ada emosi saat berkendara, bener-bener menikmati deh tiap perjalannya.

4. Merubah Suasana Hati

Siapa bilang kalau kita bersepeda kita malah jadi tambah kesel, tau gak kalau bersepeda itu ternyata bisa merubah suasana hati, nah biasa kalau lagi patah hati atau lagi kesel sama orang coba deh bersepeda ntah kemana gitu kalau boleh sih di anjurkan keliling taman kota aja, nah di situ biasanya hati yang tadi awalnya hancur atau ga karuan gimana pasti bisa lebih adem dan lebih nyaman di rasakan.

Nah, itu beberapa poin kecil aja sih pengalaman aku naik sepeda sampai sekarang, soalnya dari kecil akunya suka naik sepeda, bahkan dulu sewaktu sekolah menengah pertama aku pergi sekolahnya naik sepeda dengan temen-temen sampai akhirnya sepedaku itu hilang di curi orang.

Mungkin teman-teman ada point tambahan atau ada pengalaman selama menaiki sepeda bolehlah kita berbagi sedikit dengan cerita di komentar, hehe... 😂😁😁

        
¹. Kereta (Medan) = Sepeda Motor /Honda 
Lanjut Baca ➥ Alasan Sering Naik Sepeda Di Kota