13 July

Simeol Font

Simeol

Simeol Font merupakan font pertama yang saya buat, di sini Simeol mengambil konsep tentunya dari Gorga Simeol-meol yang dimana Gorga Simeol-meol adalah motif yang terdiri dari sulur tanaman, ini dianggap sebagai simbol sukacita, serta doa untuk kesehatan dan umur panjang. Motif ini juga melambangkan harapan mendapatkan banyak anak untuk mempertahankan keturunannya.

Gorga simeol-meol merupakan motif gorga yang dideformasi dari gerakan tumbuhan lumut yang melenggak-lenggok sehingga secara denotatif gorga ini merupakan visualisasi dari tumbuhan yang memiliki bentuk yang hampir simetris pada setiap lekukannya, gerak yang dihasilkan memberi irama dan garis melengkung kedalam dan meliuk keluar sehingga satu kesatuan gorga ini terkesan tampak mengikuti huruf S atau pola angka 8.

Harapan dari dibentuk atau di aplikasikannya font ini agar kita tidak melupakan warisan yang pernah ada dari leluhur, yang dimana sekarang ini kita mungkin juga aku sendiri terkadang tidak mengetahui apa itu nama dari setiap corak motif yang di tinggalkan leluhur, padahal setiap motif itu sendiri memiliki nama yang berbeda-beda.

Gorga Batak merupakan hal yang paling dekat dengan pencerminan kemasyarakatan suku Batak Toba. Selain sebagai hiasan pada rumah, Gorga Batak juga merupakan suatu pelindung rumah dari serangan roh jahat yang berasal dari luar rumah. Seiring perkembangannya, Gorga kini telah berfungsi sebagai produk estetika yang tidak lagi dicampuri oleh hal-hal spiritual yang mendalam seperti awalnya fungsi gorga tersebut. Eksplorasi motif menjadi salah satu pilihan penulis sebagai bentuk pengenalan budaya Batak tersebut. Eksplorasi motif merupakan pengembangan suatu objek hingga objek memiliki nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Deformasi Font

Deformasi merupakan perubahan bentuk, posisi dan dimensi suatu benda menggambarkan yang menyederhanakan bentuk dengan tidak meninggalkan karakter bentuk aslinya.

Berikut Dari Deformasi Gorga Simeol-meol yang dimana di ambil dari setiap bentuk yang terdapat dalam motif Simeol-meol.


Transformasi Font

Studi Hitam-Putih

Set Character

Finishing Typeface

2 comments:
  1. :-) untuk jadi sebuah judul film atau jadi sebuah kata kata untuk di baju ini keren

    pasti susah bikinnya ini, pake riset
    tapi untuk tulisan belum bisa ya kan . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belum sempurna, masih versi 1.0 itu bg, ahaha

      kalau untuk penggunaan sudah bisa si bg, tinggal instal aja di atas ada button untuk mendownloadnya, kalau gamau ribet dari sini aja https://www.arlub.com/p/unduh.html

      Delete

About ㅤ/ㅤ Contact ㅤ/ㅤ Privacy Police

Copyright 17-21 Arlub's