Sunday, September 17

Buat Pop Up Card Di Libur Panjang

halloo semua,,
sehat-sehat kan? jangan sakit dong, harus tetap sehat dan jaga kesehatanya yah..
hehehe

wah, legah ya rasanya ketika udah selesai yang namanya tugas akhir, yapp bener, beberapa minggu lalu aku baru aja selesaikan diplomaku, so,,, sampe sekarang masih libur panjang deh, tapi rasanya libur panjang seperti ini sangat membosankan jadi akunya iseng-iseng aja cari kerjaan untuk menghilangkan rasa bosan itu, aku cari ke kede sebelah sampai ke rumah pak lurah. Eh, aku dapat ide untuk mengerjakan Pop Up Card yang pernah di ajarin sewaktu di bangku perkuliahan, tapi biasanya Pop Up Card itu di tumpuk-tumpuk jadi satu yang namanya Pop Up Book, udah banyak kok di jual di pasaran, tapi beda dong rasanya sama yang namanya Handmade sama buatan pabrik, so, kali ini aku mau kasi tau basic untuk buat Pop Up itu gimana, so, kita mulai dulu ya,,,

Untuk yang Pertama kita kumpulin bahan-bahan


nah, jadi bahan-bahan untuk membuat Pop Up Card itu ga ribet kok kita cuma butuh, Kertas Gambar, Gunting, Penggaris, Pinsil atau Kelir, Cutter dan Lem juga, jadi barang-barang yang kita perlukan hanya itu aja kok, ga perlu ribet-ribet juga, untuk kertasnya juga ga ribet, cari kertas yag 200gram juga udah bisa kok, atau kalau mau ga ribet pake kertas karton juga bisa.

 Kedua, Kita Gambar Suka Kita Apa Yang Mau Di Buat

nah, untuk yang kedua ini kita ambil selembar kertas, kita gambar di atas kertas itu apa yang mau kita buat, misalnya kamu mau buat gambar barbie, gambar dora, atau kamu juga mau buat gambar teletubies, tergantung selera kamu mah, yang penting kamunya ga ngerepotin dirikamu sendiri ataupun aku, hehehe,


nah jadi di sini aku gambar sikamaru dari anime naruto, aku gambarnya pakai kelir kayu kalau kamu sih terserah, soalnya ini aku buat cuma untuk contoh, biar kamu ga bingung, hehehe... kalau untuk kado mungkin kamu bisa gambar digital atau pakai kertas origami kamu susun-susun, atau foto orang kamu crop terus kamu print, ya kamu buat sekreatif mungkin deh, biar orang yang kamu kasi itu senang, ehehehe

 Ketiga, Kita Potong Gambar Tersebut

nah jadi setelah kamu selesai gambar kamu potong gambar kamu mengikuti outline objek yang kamu buat,


nah, jadi tinggal yang ada gambarnya aja deh yang di pakai, untuk motongnya bebas, enaknya kamu aja gimana, mau pakai silet juga boleh pakai kelewang juga boleh kau gigit-gigit sampe rapi juga boleh kok, ga ada yang peduli sama kamu juga, eh...

Ke Empat, Cari Kertas Baru, Lipat dan Gunting

next,,, kita cari kertas baru yang ukurannya seperti selera kita aja, kalau aku pakai ukuran kertas A3, setelah kita nemu kertas yang kita inginkan kita lipat 2 ya, sampai kita bisa menekuknya 90 derajat, seperti gambar di bawah ini...


setelah di tekuk seperti itu, lipat kembali dan beri garis potong, seperti gambar di bawah ini,


setelah itu, gunting garis potong tersebut dengan gunting, potong pakai cutter juga bisa, pakai grenda juga bisa, yang penting enaknya kamu aja gimana, biar ga ribet, nah sampai hasilnya kayak gini... 


yang di gunting tadi masukan ke dalam dan yang luar di lipat, sampai hasilnya sepeti gambar di atas.. nah kalau sudah jadi seperti itu, siap-siap buka lemnya, dan baca langkah selanjutnya..

Ke Lima, Lem Gambar dan Tadaa,,,

selanjutnya,, lem bagian yang menonjol ke dalam dengan lem yang sudah kamu buka tadi, pakai lem apa aja bisa kok asal lengket aja lemnya seperti aku dan kamu, eh... 

lem di bagian itu
nanti hasil lemannya kurang lebih seperti ini,,

kurang lebih seperti ini
setelah itu ambil gambar yang sudah di potong tadi, lalu tempelkan antara gambar dan lem,, lalu setelah itu lipat


setelah di lipat bukalah dengan pelan-pelan dan hati-hati.........


 

tadaaaa,, jadilah Pop Up Card yang kita buat, dan beginilah hasilnya...


nah, coba kamu buat banyak deh seperti itu, setelah itu kamu jadikan saru semuanya nanti bakalan keren loh, jadi Pop Up Book, nah ini cuma satu contoh dari sekian banyak cara untuk membuat Pop Up card, kalau kamu libaurnya panjang satu hari kamu buat 3 Pop Up Card Libur 2 Minggu udah punya deh kamu buku Pop Up sendiri, bisa untuk adik kamu, atau bahan untuk kasi hadiah ke teman kamu atau siapa kamu deh, Yapss, bereres deh tutorial kali ini, jangan bosan untuk belajar ya, kuncinya itu kita mau niat buat aja sama harus sabar buat ginian, pake perhitungan juga biar rapi saat di lipat, ga keluar-keluar dari ukuran kertas yang sudah kita buat, nanti pelan-pelan kamu ngerti kok,

atau yang sudah merencanakan hibernasi dan mau ambil cuti panjangnya bisa di coba hal ginian sama keluarga atau teman-teman di rumah biar ga sepi kali liburan kelen wee,
oke selamat mencoba ya kankawan... semangat...




4 comments:

Terima kasih sudah membaca, menyukai dan mengometari.