15 April

Rekomendasi Situs Mockup

Rekomendasi Situs Mockup (Arlub)
Dalam proses desain dan pengembangan produk, mockup adalah visualisasi sebuah konsep desain yang sudah ditentukan dari awal proses konsep yang sebelumnya di bicarakan oleh desainer dan juga tentu sang stakeholder, dalam dunia desain grafis mockup ini sangat membantu tentunya dalam proses sebelum pencetakan agar pemesan suatu desain lebih memahami bagaimana nanti hasil dari desain tersebut..

Bentuk mockup itu sendiri merupakan gambaran mid-fidelity ataupun high-fidelity yang menggambarkan pilihan warna desain, layout, tipografi, iconography, visual, dan keseluruhan tampilan produk yang didesain.

Disisi lain, mockup ini juga terkadang membuat atau menjelaskan mengenai informasi secara rinci tetang desain akhir dari desain tersebut, sehingga dengan jelas bagaimana sebuah desain atau produk itu akan dibuat. Oleh karena itu, mockup adalah cara sederhana agar stakeholder dapat dengan mudah melihat dan memahami produk final yang akan di cetak.

Mockup ini sendiri juga tentu sangat mempermudah pengerjaan dan proses persetujuan dari stakeholder tersebut, tanpa harus memikir panjang lagi. Stakeholder juga bisa memberikan masukan dan kritik mengenai desain tersebut sebelum melaju ke proses selanjutnya.

Sekarang ini banyak desainer yang mempelajari mengenai mockup dan terus mengembangkan berbagai macam mockup dan tentu tidak sedikit juga yang membagikannya dengan secara cuma-cuma atau gratis.

Banyak Situs juga yang menyediakan mockup itu sendiri dengan cuma-cuma, untuk personal use ataupun berbayar, berikut situs apa saja yang menyediakan mockup :

1. Freepik.com

Mungkin bagi seorang desain grafis pemula ataupun mungkin yang sudah profesional dan sudah banyak jam tayang dalam dunia desain grafis tentu tidak asing lagi dengan situs yang satu ini, yang dimana situs satu ini tentu banyak memberikan vektor yang berkualitas selain mockup dan tentunya  freepik ini Free for personal and comercial purpose with attribution,

Sebelum kita login di freepik ini kita hanya bisa mendownload 5 vector/file saja dalam satu hari, jadi kalau banyak file yang ingin di download dalam satu hari, tentu kamu harus login terlebih  dahulu atau jadi saja sebagai member premium.

Freepik


2. Behance.net

dalam Behance banyak terdapat Lisensi free ada yang hanya personal dan ada yang free juga untuk commercial, jadi tentu kamu harus mengecek terlebih dahulu sebelum menggunakannya ya. kalau nanti hanya untuk personal kamu jadikan commercial tentu kamu yang bakalan susah nanti jadinya.

Behance


Semua mockup di sini free for personal use dan commercial use. di sini Kamu di larang untuk menjual dan mendistribusikan ulang file-file yang ada di graphicburger.

Graphicburger


Mockup di sini dapat digunakan untuk free for commercial projects. saran aku aja nih karena belum pernah pakai ini untuk mencheck ulang sebelum di pakai.

Mockupworld



Mockupbro ini merupakan online mockup generator. Jadi kamu ga perlu ngedit lagi di Photoshop. Semua mockup disini free for persolan use dan commercial projects.

Mockupbro

Mungkin selain situs yang menyediakan Mockup di atas masih banyak lagi situs-situs lainnya yang menyediakan mockup di luar dari pembahasan di atas.

Dari di atas ini mungkin ada mockup yang mungkin jadi langganan kamu atau mungkin yang sudah jatuh hati kali dengan salah satu di atas, tentu ini bukan merupakan patokan atau tumpuan untuk membuat suatu desain, karena desain yang bagus adalah desain yang kita coba untuk membuatnya sendiri.

Jadi hanya sekedar saran, mungkin kita sudah terbiasa dengan yang instan dan mudah seperti yang disediakan oleh situs-situs di atas, tapi alangkah baiknya kita membuat bank mockup kita sendiri yang dimana tentu suatu hari nanti akan lebih bermanfaat bagi kita pribadi ataupun khalayak banyak.

mungkin kalian ada rekomendasi yang lain, kalau ada kita boleh diskusi di kolom komentar di bawah ini ya..

No comments:

Post a Comment

About ㅤ/ㅤ Contact ㅤ/ㅤ Privacy Police

Copyright @ Arlub's 2017-2023