Friday

Hal Spele Yang Sering Kita Abaikan

Akhi-akhir ini mungkin banyak pemberitaan atau banyak yang senang membuat iklan layanan masyarakat tentang sampah plastik, bukan hal yang aneh mungkin bagi kita melihat banyaknya sampah plastik di sekitar kita, bahkan ada riset yang menyebutkan bahwa setiap orang menghasilkan 0,8 Kg sampah/hari dan 15% dari itu adalah sampah plastik.


Sebenarnya peduli dengan lingkungan itu adalah hal spele yang sering di abaikan oleh orang, dan hal spele itu lah yang harus kita mulai, karena dari hal spele itu bisa menanamkan niat untuk melakukan perubahan dari diri kita.

Ada banyak mungkin hal spele ini kita abaikan tapi bisa jadi itu yang membuat atau mungkin bisa berdampak besar bagi kita sehari-hari, dan mungkin bahkan hal-hal spele inilah yang bisa merubah kehidupan kita, apa saja hal itu? mari kita bahas

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Hal ini mungkin sering kita abaikan di kehidupan sehari-hari kita, kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya adalah faktor utama dalam sebuah bencana, bagaimana tidak, sampah yang kita buang sembarangan bisa menumpuk di saluran air dan membuat tersumbat dan akhirnya malah mengakibatkan banjir.

Ini mungkin hal spele yang utama di kota-kota besar atau juga di kota-kota kecil, dan apa akhirnya? mengeluh adalah akhirnya, padahal ya yang membuang sampah sembarangan juga kita sendiri, tentu ini adalah hal yang lucu, kita yang mengakibatkan orang lain yang kita salahkan.

Kebiasaan ini kebanyakan sudah tertanam di lingkungan masyarakat kita, apalagi kalau ada tumpukan sampah di pinggir jalan pastinya kebanyakan orang akan membuang sampah juga di tempat itu, dan lama kelamaan menjadi tumpukan sampah yang menggunung dan mengakibatkan bau yang tidak sedap, dan ujung-ujungnya yang membuang sampah itu lah yang mengeluh dengan sampah itu.

Hal inilah yang selalu di tanamkan di dalam lingkungan sekolah, tapi selepas sekolah ya lupa begitu saja dan tidak perduli, maka dari sekarang kita harus bisa bertanggung jawab dengan sampah kita sendiri dan tidak membuang sampah kita lagi dengan sembarangan.

2. Penghemat Listrik

Berhemat dalam penggunaan listrik adalah hal yang mungkin sulit dilakukan di lingkungan kita, bagaimana tidak, kita sangat bergantung dengan adanya listrik, contoh saja, saat saya menulis artikel ini saja, saya membutuhkan listrik agar perangkat yang saya gunakan bisa bekerja dengan baik.

Nah dengan menghemat listrik contoh kecilnya kalau kita keluar kamar mandi kita matikan lampu itu sudah menghemat listrik yang ada di rumah kita, atau mencabut charger perangkat kita dari stop kontak itu sudah mengehemat listrik yang kita pakai, dan biaya yang kita gunakan juga menjadi leih sedikit bukan.

3. Jangan Menyisakan Makanan atau Minuman

Kebanyakan dari kita sering menyisakan makanan kita tanpa menghabiskannya, bahkan ada yang mengambil banyak dan yang di makan hanya beberapa suap saja, ini termasuk hal yang mubazir, dan ini mungkin bisa kita ubah dan jangan di spelekan.

Hal ini tentu harus kita perhatikan, kalaulah memang tidak mampu untuk menghabiskan makan ambil saja sedikit, dan kalau kurang kan bisa nambah lagi, jadi tidak ada yang terbuang, karena ga semua manusia bisa seberuntung dengan apa yang kita makan.

Nah apalagi dengan minuman, biasanya ini pas hajatan, pas lagi ada acara atau lainnya, mengambil air mineral  gelas, di tusuk, lalu di minum sedikit habis itu di tinggalkan, ini juga hal spele yang kebanyakan kita lakukan, dan ini juga termasuk sifat yang mubazir, apalagi pas acara ketahuan sama tuan rumah acaranya, makin kesel itu yang punya acara, karena banyak minuman yang terbuang sia-sia.

4. Produk Ramah Lingkungan

Ini juga sekarang lagi gencar-gencarnya di perbincangkan, masalah produk yang ramah lingkungan dan tidak merusak lingkungan, hal ini sudah lama sih di bicarakan, cuma sama seperti penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, hal ini susah untuk di terapkan dengan keadaan sekarang, kalau memang kita tidak mempunyai niatan untuk berubah.

Produk ramah lingkungan ini banyak macamnya sih, contohnya misalnya plastik yang berasal dari tumbuhan dan gampang terurai, atau penggunaan produk yang berasal dari barang daur ulang, contohnya kertas daur ulang atau botol yang di olah dari barang daur ulang.

Jadi banyak hal spele yang sebenarnya itu bisa berdampak besar bagi keseharian kita, hanya saja kita tidak peduli dengan apa yang akan terjadi, kebanyakan kita setelah terjadi baru banyak meyesal, jadi menurut kamu berapa banyak kebaikan besar yang berasal dari hal yang di spelekan?




2 comments:

  1. Soal buang sampah, kadang sampah yang tidak berbau dan kering sering aku kantongi dulu kalo emang lagi gak ada tong sampah terdekat. Atau kalo apa langsung masuk tas. Tapi tahu lah kan kelalaian, kelupaan, serta kekhilafan diriku yang kebablasan bawa sampah sampe di rumah, jadilah sepanjang jalan menimbun sampah padahal pasti udah jumpa sama tong sampah. Cuman baru teringet ada sampah itu ya pas udah di rumah =))

    ReplyDelete
  2. Soal nyisasin makanan tuh paling nyebelin. Ngapain beli seporsi kalau nyisaaa atau klo tau bakal nyisa ya mbok di pisahin biar bisa bagi sama kawannyaaaa

    ReplyDelete