16 September

Desain Grafis di Kota Medan

Untuk mengetahu apa itu desain grafis atau kalau di Medan sering disebut dengan tukang desain, tidak tau gimana sejarahnya juga tapi di Medan ini semua pekerjaan itu juga sering disebut dengan tukang, baik itu fotographer, desainer, dan lainnya, semuanya itu bisa disebut dengan tukang.

Desain grafis itu sendiri adalah pekerjaan yang menyusun sebuah layout/lembar kerja, atau menciptakan suatu desain tertentu yang berikan dengan ilustrasi, tipografi, atau dengan dimensi desain yang ingin disampaikan.

Profesi desain grafis kian hari semakin diminati oleh banyak orang, apalagi sekarang banyak situs yang mempermudah dalam proses pembuatan suatu desain, meskipun esensi dari desain itu sendiri belum seluruhnya bisa di katakan sempurna, tapi situs-situs ini cukup membantu.

Namun, desain grafis tidak harus berpatokan dengan hal-hal seperti itu karena pada hakikatnya seorang desain grafis itu sendiri sebagai pemecah masalah untuk kebutuhan komunikasi dalam bentuk visual. Seorang desain grafis harus mampu untuk mengkomunikasikan ide-idenya atau ide dari orang lain yang memakai jasa desain grafis sehingga bisa diterima dengan mudah oleh yang dituju. 

Latar Belakang


Belakangan ini latar belakang dari seorang desian grafis cukup banyak, bisa saja seorang desain grafis itu berlatar belakangkan dari jurusan teknik, jurusan akuntansi, hukum dan banyak lagi, hal ini tentu bukan hanya sekedar kebetulan saja, tapi karena jika seseorang itu mampu dalam mengoprasikan atau mampu mendesain suatu  produk, hal tersebut dapat menjadi nilai tambah.

Namun dalam hal ini tentu masih cukup jarang yang ditemukan, akan tetapi bisa saja ini semakin lama akan semakin banyak yang mempelajari desain grafis ini. Akan tetapi menjadi seorang desain grafis yang berpengalaman tidak hanya cukup dalam menerapkan teori, tetapi harus juga memiliki kemampuan dalam praktik.

Banyak tentunya seorang desain grafis yang mempunyai latar belakang bertolak belakang dengan ilmu mengenai seni atau mengenai komputer, karena keinginan yang kuatlah seseorang ingin belajar mengenai desain grafis ini.

Terlebih itu ada beberapa jurusan dalam dunia pendidikan baik itu di pendidikan menengah atas maupun di sarjana atau lebih tinggi, yaitu jurusan desain grafi, desain komunikasi visual, animasi, teknik informatika, juga ilmu komputer.

Ada juga dalam beberapa desain yang tidak sejalan dengan pelajaran desain tetapi di dalam kurikulumnya terdapat pelajaran mengenai dasar-dasar desain.

Hal ini tentu seharusnya dapat menjadi trigger atau pemicu dalam menseriusi dunia desain bagi yang memiliki latar belakang pendidikan desain grafis, dan tentu sekarang ini banyak yang lebih berkembang secara otodidak dari pada yang memiliki latar belakang pendidikan itu sendiri.

Perkembangan

Perkembagan desain grafis itu sendiri tentunya sangat pesat, apalagi di zaman yang sekarang ini lebih banyak menggunakan gawai atau perangkat elektronik yang dapat memudahkan dan tentu yang dimana gawai sekarang lebih mudah untuk di bawa-bawa dan lebih fleksibel.

Namun seperti yang dilihat sekarang ini, perkembangan desain grafis di luar dari pulau jawa tentunya sedikit agak lamban.

Hal ini bisa dirasakan di kota Medan, dalam perkembangannya desain grafis di kota Medan yang mungkin sudah ada sejak lama, tapi kenyataanya tidak terlalu berkembang secara signifikan, yang bisa jadi dikarenakan faktor yang lebih kurang mendukung dalam perindustrian atau pekerjaan desain grafis.

Di kota Medan ini sendiri desain grafis tentu banyak bisa ditemukan, khusunya di kota Medan ini dunia percetakan, konveksi kian hari kian berkembang, akan tetapi dalam hal ini masih banyak desian grafis yang belum sejahtera dalam pekerjaanya.

Pekerjaan dan Lowongan Desain Grafis

Pekerjaan dan lowongan  desain grafis di Medan itu sendiri cukup banyak dan banyak yang mencari jasa desain grafis ini, akan tetapi terkadang yang mencari jasa desain grafis bukan hanya mencari jasa desain grafis, coba perhatikan lowongan dibawah ini 

Contoh Lowongan Desian Grafis, yang lebih aneh masih banyak.. googling aja, hehe

bagaimana?
masih berminat menjadi seorang desian grafis yang multi talenta, yang dimana beberapa lowongan menjadikan pekerjaan desain grafis itu harus bisa menguasai berbagai macam software multimedia dan harus mempunyai kemampuan selain dari desain grafis.

Sementara itu, untuk gaji yang diberikan banyak yang tidak sesuai dengan pekerjaan desain grafis di Medan, kebanyakan rata-rata gaji seorang desain grafis itu di 2 Juta, bahkan ada di bawah itu, untuk di kelas 3 Juta ke atas hanya beberapa instansi yang memberikan.

Desain grafis di anggap pekerjaan yang cukup mudah mungkin, karena hanya klik-klik saja dan ketik-ketik saja, tapi di balik itu semua ada ide yang harus di fikirkan dan ada konsep yang sudah di buat sebelumnya, tentu desain grafis bekerja sangat berat, bukan di fisik tapi di fikiran juga.

Dan karena itu juga banyak pekerjaan desain grafis mencari tamatan SMK/SMA yang mampu untuk mendesain, hal ini melainkan agar bisa menggaji atau memberikan honor lebih murah dari pada harus memperkerjakan sarjana yang latar belakang dari pendidikannya adalah seorang desain grafis.

Keahlian

Seorang desain grafis tentunya tidak hanya harus bisa dalam mengoprasikan sebuah software pendukung untuk mendesain, tetapi juga harus memiliki beberapa dasar keahlian yang harus di miliki, seperti :

1. Komunikasi

Kemampuan komunikasi ini sangatlah penting bagi seorang desain grafis, bagaimana bisa seorang desin grafis ketika tidak mempunyai kemampuan komunikasi kepada clientnya, yang dimana seorang desain grafis harus dapat menuangkan ide dari clientnya menjadi sebuah desain yang dapat dengan mudah dimengerti dan di fahami.

2. Gagasan Yang Kreatif

Seorang desain grafis juga harus memiliki gagasan dan ide yang kreatif yang dimana seorang desain grafis harus dapat memberikan ide yang cukup kreatif untuk setiap proyek yang berbeda.

Tentunya seorang desain grafis ini harus sering mencari referensi desain yang cukup menarik dan tentunya fresh dari pada yang lain, yang dimana ketika kita mencari referensi membuat seorang desain grafis terbiasa untuk memberikan gagasan terhadap desain yang ingin dibuat.

3. Presentasi

Dalam hal ini seorang desain grafis tentunya juga harus bisa mempresentasikan dari apa yang sudah di selaikannya, yang dimana kemampuan ini bertujuan untuk mempermudah dan membuat client lebih mengerti dengan apa yang sudah kita kerjakan.

Karena dalam hal ini tidak semua orang itu dapat mengerti desain, kebanyakan orang hanya mengerti itu bagus dan terbaca.

4. Memahami

Memahami seorang client adalah salah satu yang harus dimiliki, karena setiap client itu berbeda dengan yang lainnya, dimana jika kita tidak memiliki kemampuan untuk memahami ini, kita hanya akan berputar-putar di lingkaran kerjaan itu, sudah selesai desain - revisi - selesai desain - revisi, dan begitu saja sampai suatu pekerjaan itu tidak akan selesai.

dan dalam hal ini juga seorang desain grafis dapat memahami untuk memanajemen waktu tentang suatu proyek itu, yang dimana suatu proyek itu akan dapat lebih cepat dalam pengerjaanya.

Penutup

Dalam hal ini, seorang desain grafis tentunya dapat memahami dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat, yang dimana seorang desain grafis tentu kedepan memiliki peluang yang cukup luas dalam lingkup kerjanya.

Seorang desain grafis tidak hanya harus bekerja disebuah instansi, tetapi seorang desain grafis juga bisa bekerja secara bebas atau freelance yang mungkin sekarang ini banyak lebih dipilih karena tidak mengaharuskan kerja di kantor tetapi bebas mau bekerja dimana saja.

Dan seorang desain grafis tidak hanya tau mengenai desain, tetapi harus dapat mengembangkan karirnya dan tidak sekedar ingin tau saja, dan tentu seorang desian grafis yang baik senang untuk membangun portfolio yang bagus sehingga yang ingin memakasi seorang desian grafis itu lebih yakin dengan kemampuan desain grafisnya.
No comments:

enter your comment...

About ㅤ/ㅤ Contact ㅤ/ㅤ Privacy Police

Copyright 17-21 Arlub's