Feb 13, 2018

Kebun Binatang Medan (Medan Zoo), Jangan Bilang Kamu Gatau Dimana

Dulunya kebun Binatang Medan itu ya letaknya ga seperti sekarang, Kebun Binatang yang dulu itu seingetku di jalan Brigjen Katamso, kalau sekarang sih masih ada lahannya tapi dah jadi modren, dan sekarang sih Kebun Binatang Medan udah pindah ke jalan Bunga Rampai IV Kelurahan Simalingkar B. Ya kalau kamu gatau itu di mana kamu cari aja di Google Map, atau kamu bisa ngikuti angkot 103 kalau ga salah, yang kalau udah jumpa angkot itu kamu akan di tawarin pergi ke bulan, bukan ke Kebun Binatang, "Bulan.. Bulan... Yok Dek.. Kebulan, Yokk.. Yokk.. Bulan...". Gitulah kira-kira kalau kelen ke Medan, terus jumpa angkot yang arah ke Kebun Binatang, oh iya kalau di tempat kelen itu apa sih namanya untuk angkot? Oplet atau Mikrolet, ya semacam gitu sih, tapi kalau di Medan namanya Angkot, kalau kamu main ke medan kamu akan di anggap aneh kalau nyebutin Mikrolet di medan, wkwk Jadi Kamu bilangnya Angkot aja deh biar kamu ga di anggap aneh kali.. ahaha


Oke, kita gerak nih ya ke Kebun Binatang, nah sesampainya kamu di kebun binatang kalau kamu bawa kendaraan peribadi aku saranin ke kamu nih, jangan bawa "uang recehan" ga bakalan laku, wkwk, kamu harus bawa uang pecahan kecil tapi yang lembaran kertas, jangan "uang recehan" gamau abang itu ambil uang kamu nanti, kek kejadian aku, abang itu gamau, padahal laku yakan, di kota - kota aja laku masa di situ engga, gatau deh mungkin dia bukan lelaki recehan, eh

Oke, kalau kalian udah sampai di Kebun Binatang Medan, kalian jangan lupa untuk beli tiket, tiketnya murah kok, cuma 12 Ribu Rupiah di hari biasa, dan mungkin 15 Ribu Rupiah di hari Libur ataupun Weekend oh iyah, parkir kereta atau motor di sini cuma 2 Ribu Rupiah kok, tapi inget jangan kasi "uang recehan" meskipun murah, ahaha, cukup murahkan dengan uang segitu kamu udah bisa masuk dan nikmati luasnya Kebun Binatang Medan, nanti pas masuk kamu tunjukin aja tiket kamu tadi yang udah udah kamu beli, oke, udah paham sampai sinikan? hehe

Tiket Masuk Ke Kebun Binatang Medan di hari biasa

Tiket Parkir Kereta jangan pakai "Uang Receh"

Masuk Ke Kebun Binatang

Di sana ada peta petunjuk arah kok, jadi kamu ya bisa liat dari ini aja,
biar kamu ga kesasar juga hehehe
Masuk ke Kebun Binatang, pas kamu masuk ke Kebun Binatang kamu akan melihat kehampaan, wkwk, ya hampa, soalnya kamu cuma liat patung hewan, kandang kelinci sama abang-abang yang nyewain kuda atau delman gitu, jangan khawatir, aku saranin deh sama kamu, kalau kamunya masuk ke kebun binatang jalannya malai dari sebelah kanan, loh kenapa gitu?, ya menurut aku sih dengan yang beberapa kali aku ke sana, lebih seru lewat dari sebelah kanan, nah kalau dari kanan ntar kamu di sambut dengan kandang burung Merak...

Sebelum Merak

Sewaktu Merak, cantikkan...
Ompohh,, empohh,,, empoh,, gitu kalau kalian datang di pagi hari, monyetnya masih lapar, atau mungkin karna mereka cemburu ya kalau aku lebih ganteng dari mereka, wkwk
Monyet Sulawesi
Oke kita jalan dari sebelah kanan, nah kalau jalan dari sebelah kanan, kamu akan nemuin kandang burung merak, kandang monyet, kandang ular, kandang biawak, di sini sih masih dikit binatangnya, juga karna aku datangnya di waktu jam sekolah, jadi sepi gimana gitu, di sini juga banyak kok binatang-binatangnya, tapi ya kamu mesti keliling dulu biar bisa kamu liat banyaknya binatang di sini, oh iya, aku saranin deh, kalau ke sini kamu jangan sendirian, loh kenapa? serem ya?.. Iya serem, bisa-bisa kamu kyak anak kehilangan mamaknya lagi, jalan sendirian gitu, wkwk

Kuda-kuda di sini banyak yang ga di kandangin, alias bebas tapi terikat, loh maksudnya? iya kuda-kudanya bebas tapi masih di ikat pakai tali yang panjang, jadi kalau kuda-kuda di situ bete sama kamu dan kuda itu mau ngejar kamu, kamu lari pelan-pelan aja boleh, nantikan kudanya sendiri yang tercekek talinya, terus dia minta tulung-tulung sama kamunya, wkwk, kok jahat ya kali ini, hihihi
Terus kalau kamu jalan terus ke atas, kamu akan jumpai banyak kandang burung, mulai dari burung merpati, burung Elang, dan banyak deh burung yang lainnya, kamu liat sendiri aja deh, biar kamu tau ada apa-apa aja di Kebun Binatang Medan.

Asiknya berkuda di kebun binatang
Burung Merpati

Burung Rangkok

ini bukan Merpati loh, ini burung Dara Mahkota

Ini burung Bangau

Nah kalau ini jangan dekat dekan, ini kasuari, di jamin galak

Di sini banyak juga kedai-kedai untuk makan, tapi ya kalau bisa sih kamu bawa bekal aja dari rumah, biar lebih higenis dan lebih terjamin. Setelah kamu naik kamu akan jumpai kadang Harimau loh, tapi sayang Harimaunya malu-malu jadi dia sembunyi di kamarnya uda gitu kandang Harimaunya dari jarak kita lihat itu sangat jauh, kira-kira 7 atau 8 meter gitu, ya bagus sih, biar kamu yang nakal tangannya ga ngelemparin mereka dengan jajanan kamu yang murahan itu, hihi, yang ada kamu nyumbang sampah, bukan nyumbang rasa kenyang di perut mereka, nah, di sebelah kandang Harimau ada Gajah loh, iyah Gajah, tapi gajahnya tinggal 1 aja, yang satu lagi gatau kemana, mungkin mereka sudah cerai, atau yang taunya sudah mati atau sudah bebas ke alam liar, gatau juga deh, kalau apa kamu pastiin aja sendiri ya, hihihi. Kamu boleh kok naik Gajah sambil berfoto ria denganya, tapi ingat, jangan pakai "uang receh". wkwk
Ini Kucing Emas, Bukan Harimau

itu yang item beruang, jauhkan, kamu ga bakal bisa meluknya deh
Kalau kamu sudah seneng main sama gajahnya, kamu jalan aja terus, dan kamu akan jumpai kadang beruang madu, satu dengan kandang harimau, tapi beruang madunya cuma dua ekor aja, itu juga kita liatnya dari jauh, ya sabar-sabar aja, demi keamanan kamu juga kok.

Di sini jalannya itu naik turun, kayak mendaki gunung deh, ya kamu juga haru kuat sini, kuat agar kaki kamu ga lemes, di jamin deh, dua kali kamu keliling Kebun Binatang Medan, kamu turun 5 kiloan, ya coba aja sendiri, kalau misalnya ga turun 5 kiloan, coba keliling lagi sekali lagi, kalau ngga turun juga keliling aja seharian di situ, hihihi

Setelah kamu capek turun naik di jalan setapaknya Kebun Binatang Medan, kamu bakal jumpai kedai-kedai lagi, kalau kamu ga bawa minum kamu bisa kok beli munum di situ, selogan mereka yang jualan di situ sama "Duduk Gratis, Tapi Mesti Jajan" wkwk.. Ibaratnya kita beli itu udah termasuk sewa tempat nongkrong, ahaha, di depan jualan-jualan ini ada kandang rusa, banyak macam rusanya, di sini kamu juga bisa kok kasi makan rusa, dengan membeli sayuran yang di jual-jual ibu-ibu di pinggir kandang dengan harga seribu rupiah, kamu udah bisa memberi makan rusa itu. jangan di kasi jajanan murahan kamu itu ya, manti rusanya bisa sakit perut loh, soalnya itukan bukan makanan mereka.

Kasih makan rusa

Lanjut kedepan, kamu akan nemuin kandangnya Buaya, Tapi ya Buayanya cuma satu, dua ekor gitu ga kyak buaya yang di asam kumbang itu, yang sampe ratusan ekor dan semuanya kelaparan, wkwk

Oh iya, di sini kamu bisa bermain loh, di sini ada tempat bermain anaknya, kamu bisa naik kuda, flaying fox, naik delman, banyak deh, ya kamu cobain aja satu satu, tapi kalau kamu gamau main, bawa uang 30 Ribu Rupiah aja udah cukup kok untuk biaya masuk, parkir sama beli minuman atau ciki-ciki seribuan di sana.

tempat foto Kids Zaman Now juga ada di sini, cukup bayar Rp.5000 Per Orang

Terus kalau kamu pengen bawa adik atau anak balita di sini banyak tempat bermain kok, ada perosotan, ada enjot-enjotan ada ayunan, banyak deh, jadi adik atau anak kamu ga bosen di sini.

Tempat Ibadah ?

Masjid Ababil Medan Zoo
Tenang-tenang di sini ada kok Masjidnya namaa Masjidnya itu "Masjid Ababil Medan Zoo" ya kalau kamu mau langsung ke masjid, dari pintu utama kamu masuk kamu langsung aja belok ke sebelah kanan, ya tapi ini Masjidnya masih sama kayak dulu masih banyak yang harus di benahin ya contohnya aja untuk kamar mandinya yang manusia di situ kurang peduli, jadi ya otomatis masih ada aroma terapi dari mereka-mereka yang malas nyiram atau apa ya, terus juga ya kalau ada tulisan batas alas kaki jangan di terobos juga, masa iya di situ teras suci jadi tempat sendal mereka-mereka itu yang mungkin pura-pura gatau kali ya, atau mungkin mereka ga bisa baca kali ya, dasar kalian buta aksara, eh


Tapi ini Masjid masuk dalam tahap renovasi kok, ya kalau bisapun secepanya di renovasi, mungkin untuk yang biasa sholat masih agak ragu hatinya, atau juga ga khusuk, bukan karena masalah suara binatangnya, tapi karena takut kalau ga suci, soalnya banyak yang ga ngerti gitukan, apalagi mereka yang suka-suka menggunakan kamar mandi masjid tapi ga di siram, euwhh,, ga oke kali mereka, di sunat jin baru tau itu mereka,, ahahaha, biar tobat dan tau rasa, syukur-syukur mereka terkenal dadakan karena masuk koran dengan judul "Karena Lupa Siram di Kamar Mandi Masjid Bapak-Bapak di sunat Jin". ahahaha

Jadi untuk kamu yang minat mau ke Kebun Binatang Medan, aku kasi tips deh untuk kamu..

1. Bawa Lotion

Ya, kamu bawa lotion aja dari rumah, karena di sini masih asri jadi otomatis banyak nyamuk-nyamuk yang nakal, apalagi di sini kamu akan survival jalan yang naik turun jadi otomatis kamu akan berkeringat, dan nyamuk itu suka bau keringat, jadi aku saranin kamu bawa lotion deh dari rumah, biar kulit kamu yang mulus itu ga merah-merah karena gigitan nyamuk yang ga bertanggung jawab.


2. Bawa Bekal dan Minum

Loh... Harus bawa bekal nih? ya bebas sih, itu terserah kamu lagi, kalau kamu mau piknik di sini bisa kok, kamu bawa bekal aja dari rumah biar hemat, atau kalau kamunya gamau tuh ribet ribet, bawa roti aja, atau bawa jajanan aja dari rumah, dan jangan lupa kamu bawa minum yang banyak, ya soalnya Medan Zoo itu luas, lebih luas dari tempat tidur kamu deh pokoknya, hehe, kalau ya kamu orang kayah, bayak duit, ga mau repot di sana juga banyak kok yang jualan makanan berat atau ringan plus minumannya, tapi kamu harus cerdas, karena penjual sekarang cerdas-cerdas gatau kita apa yang di jualnya, husnudzon saja.

3. Bawa Pakain Suci

Kita gatau nih apakah setelah kita keliling pakaian kita itu masih suci atau ngga, ya untuk jaga-jaga aja gimana-gimana pas tiba-tiba pakaian kita kena najis, kita bisa gantinya yakan, ya paling engga bawa sarung gitu, biar simple, ga ribet dan instan.

4. Jangan Pakai Heels

Untuk kamu yang cabe-cabean  eh maksudnya yang anak gadis baru jadi, aku saranin kalau kelen melalak ke sini jangan pakai Heels, nanti kamu bakalan nyeker, atau pulang lebih lama, soalnya ini tempat namanya Kebun Binatang, Bukan Emol emola yang ada AC-nya di mana-mana, so, kudu pinter pilih-pilih alas kaki, kalau masih mau gaya-gayaan pake sendal gunung aja noh, lebih praktis, efsien dan ga ribet.

5. Jangan Kasi Makan Binatang Sembarangan

Ya, ini nih kebiasaan manusia, sok kebaikan, ya alhasil merugikan, ya di situ banyak larangan jangan beri makan binatang tetap aja di kasi, ya ujung-ujunya ada binatang yang keracunan, ada yang diare, iya kalau dia diare ada toiletnya, lah ini kalau ga ada toiletnya terus ga ada air juga untuk cebok, emang mau tanggung jawab? yakan engga sih, bagus kamu makan sendiri aja, biar kamu aja yang kena diare, wkwk

Mungkin sih itu aja kali ya, ya perjalanannya dah siap, tulisan ini lebih singkat dari pada Kebun Binatangnya jadi ya kamu harus jaga kesehatan aja kalau mau jumpa kembaran binatang di sana. 

itu aja deh bahas kebun binatang kali ini, aku lagi laper, jadi ga bisa mikir, kalau kamu mau tanya-tanya komen di bawah aja, hihihi

Selamat Beraktifitas...



5 comments:

  1. Wahh ada kudaaaaa. Sudah lama gak nunggaki kuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo janjalan ke kebu binatang kita...

      Delete
  2. Aku paling seneng kalau ke kebun binatang, karena bisa puas liat macem-macem hewan. Tapi sayang aja kondisi hewannya kayak kurang terurus :(. Jadi sedih liatnya. Terakhir kali aku ke bonbin Medan ini beberapa tahun lalu, bareng sama ponakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, kalau arif sih dari kecil emang seneng kalau liat binatang apalagi ikan, hihihi, makanya suka pergi ke tempat gituan, kalau untuk kebun binatangnya sih sebagain ga terurus kak, atau mingkin juga karna lokasinya terlalu luas juga mungkin ya kak, makanya kurang terawat gitu

      Delete
  3. yang menjadi pertanyaan, kira kira sama siapa si pemilik blog ini pergi yaa?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, menyukai dan mengometari.