Wednesday, May 8

Ramadhan 3; Dasar Awak

 

Alhamdulillah, sudah masuk ke puasa yang ke tiga, tapi kita emang sudah ngapain saja sampe hari ini? hayoo... mumpung masih panjang dan masih beberapa puluh hari lagi puasa, coba mikir deh kita sudah ngapai aja di bulan puasa kali ini...

Dasar awak, jadi ingat tahun bulan puasa tahun lalu yang ga ke sampean khataman, padahal tinggal dikit lagi saja kalau di lanjutkan bisa saja khatam waktu itu, tapi ya memang kenyataanya ga khatam mau bagaimana lagi, alasannya sih simpel dan mungkin sepele, tapi mungkin karena sepelenya itulah makanya di lalaikan sama Allah tahun lalu, ya alasannya itu adalah "nanti" Ramadhan masih panjang.

Dari kata-kata yang memalaskan diri dan menyibukan diri di hal-hal lahan atau ga berguna sama sekali kata-kata itu adalah pondasi yang paling kuat untuk meninggalakan apa yang sudah di targetkan, sampai-sampai besok udah hari raya saja.
 
Lucu memang kalau di ingat-ingat lagi apa yang sudah lewat dengan apa yang saat ini kita jalankan, hari ini mungkin bisa aja kita ketawa-ketawa sendiri dengan apa yang sudah lalu dan sudah kita lewati itu.

Tapi ada baiknya itu jadi pembelajaran, khususnya untuk awak, yang dimana kalaulah tahun lalu itu emang sesuram itu, insyaAllah tahun ini jangan sampai dan jangan sampai melebihi suramnya tahun lalu, ya bisa jadi bahan intropeksi diri saja.

Kalau dulu di bulan Ramadhan itu masih suka bilang nanti sama sholat, ya tahun ini bisa di ubah pelan-pelan juga yakan, bulan ini bisa jadi paksaan untuk diri kita untuk berubah jadi lebih baik lagi dan lagi, apalagi bulan ini bulan yang penuh dengan rahmatNya.

Ya, kalau tahun lalu ga bisa khataman satu kali, tahun ini bisa di khatamkan satu kali kalau bisapun lebih, kan belum tentu juga tahun depan kita masih jumpai yang namanya Ramadhan, jadi ya baiknya bulan ini di manfaatkan sebaik-baiknya, jangan terlalu banyak lahan, dan banyakin dosa kesana-kesini.

Tiap orang juga beda-beda kesalahannya, bisa jadi tahun lalu tiap minggu ga pernah absen motel makanan di siang hari, atau pas wudhu kumur-kumur air yang masuk banyak terus yang keluar tinggal dikit, ya pribadi sendiri-sendirilah yang tahu yakan.

Mungkin ini remainder saja sih untuk diri sendiri, dan mungkin kawan-kawan juga ada pengalaman buruk seperti itu di Ramadhan tahun lalu, dan tahun ini pingin berubah Alhamdulillah :D




No comments:

Post a Comment