Friday, August 17

Bagaimana Cara Nge-Crop Gambar Pakai Pen Tool Di Photoshop

Photoshop, ya nama ini sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari, biasanya Software Satu ini itu digunkan untuk keperluan dunia industri digital, yang di mana untuk mengelolah gambar menjadi lebih baik dan bagus, untuk editing pencahayaan suatu gambar, atau untuk menggabungkan dua objek yang berbeda pula, dan bahkan bisa untuk membuat animasi, tergantung apa kebutuhannya, dan Photoshop banyak fungsinya untuk mengelola suatu gambar.

Nah kali ini saya ingin membagi dasar Photoshop yang kadang membuat bingung, apa itu? ya, me-Crop gambar, apa sih me-Crop gambar itu, me-Crop itu bisa kita ambil artian yaitu untuk memotong suatu objek di gambar yang kita ingin ambil, misal nih, kamu lagi foto di suatu tempat keramaian, nah kamu ingin mengambil gambar kamu aja, nah, teknik Croping inilah yang akan membantu kamu menemukan jawabannya.

Jadi ya pastinya dalam hal ini teknik ini merupakan dasar untuk memulai belajar Photoshop, dengan tau cara Croping semua bisa jadi lebih mudah, jadi yang di maksudkan dalam teknik ini yaitu untuk mengambil objek utama atau objek yang di butuhkan atau yang di inginkan dan menghilangkan background belakang yang tidak di butuhkan.

Kita langsung aja ya praktiknya, kalau untuk versi Photoshop sih sama aja semuanya, biasanya kebanyakan orang masih mengunakan Photoshop CS3 nah tapi saya kali ini menggunakan Photoshop CS6 ya, bisa kok di ikutin dengan versi berapapun.

Dan kali ini saya akan memberikan tutorial nge-Crop dengan menggunakan Pen Tool , banyak cara untuk Nge-Crop di Photoshop tapi kali ini saya akan memberi tahukan dengan menggunakan Pen Tool dulu ya, nanti satu-satu kita pelajari.

Oke kita mulai..

1. Buka Software Photoshop                    

Buka Photoshop kamu versi berapa aja bebas, mau yang paling rendah sampai paling tinggi ga masalah, itu sama aja kok, tergantung speak laptop atau pc kamu aja sanggupnya menggunakan versi yang mana, soalnya makin tinggi versinya bisa jadi ga kopetibel sama perangkat kamu.

Masukan foto ke dalam Photoshop, nah memasukan foto ke dalam Photoshop ada beberapa cara sih, yang pertama itu bisa kamu Drag, Drag atau tarik foto dari folder kamu di laptop atau komputer kamu ke dalam Photoshop, tariknya klik kirinya di tahan ya, biar bisa ngikut fotonya, hehe

Kalau cara itu susah, dari Photoshopnya juga bisa kok, caranya klik menu File di pojok atas sebelah kiri layar kamu, pilih Open, cari deh foto yang ingin kamu Crop, kalau sudah ketemu klik Open, atau kalau lebih gampangnya tekan secara bersamaan di Keyboard kamu CTRL+O nah itu langsung deng terbuka menu Open

Sampai di sini kita akan langsung meng-Crop gambarnya ya, caranya pilih menu Pen Tool di sebelah kiri layar kamu atau kamu bisa juga menekan "P" di Keyboard kamu, lalu setalh kamu pilih Pen Tool akan muncul menu optional dari Pentool di bawah menubar Photoshop nah di situ biasanya untuk di awal akan muncul Shape, maka mau ganti saja menjadi Path.

 

Kenapa bukan Shape? karena kalau kita menggunakan Shape nanti Crop-an yang kita buat pakai Pen Tool akan menjadi Objek baru dan ga ilang dengan sendirinya, jadi kalau masih Shape di ganti saja menjadi Path ya.

Selanjutnya ikuti object dengan menggunakan Pen Tool sesuai dengan apa yang ingin di ambil sebagai objek utamanya, atau yang ingin di pisahkan dari backgroudnya.


Jadi ikuti pinggir objeknya ya, sampai benar benar rapi,


Nah ikutin gitu ya, ikutin terus sampai titik pertama mulai jumpa sama titik terakhir ya, oh iya, kalau mau bentuk-bentuk biar rapi kamu tahan aja klik kiri lalu di geser-geser mousenya, dan buat serapi yang kamu mau, kalau semisalnya salah atau kurang pas, lepas aja klikan yang kamu tahan itu lalu tekan CTRL+Z biar bisa di ulangin untuk membuat seleksinya, terus kalau misalnya susah kamu matikan aja nodenya dengan cara letakan Pen Tool di curva itu terus tekan ALT sampai tandanya berubah seperti sudut 45 drajat, lalu klik kiri, ilang deh nodenya.

Selanjutnya kalau sudah kamu Pen Tool keseluruhan yang kamu mau, sekarang tinggal klik kanan di tengah-tengah gambar yang sudah kamu seleksi dengan Pen Tool.


 Maka akan muncul tampilan menu seperti itu, lalu pilih menu Make Selection maka akan muncul menu seperti ini,


Nah, karena kita belum ada buat selection tool maka di operationnya cuma menu New Selection yang muncul dan menu lainnya terkunci, lalu Anti-Aliasednya di centang aja, biar gambar yang nantinya kamu Crop jadi lebih bagus, lalu Feather Radiusnya kita 0 kan saja, apa sih gunanya Feather itu? kalau kamu nambahin jadi 1 atau sampai jumlah berapa maka gambar kamu akan ngeblur ke dalam, hasilnya itu seperti ini bakalan.
Liatkan perbedaannya, yang Feathernya 0 tidak ada blur di pinggir objeknya dan yang ada Feather jadi ngeblur, itu sih tergantung penggunaannya untuk di mana.

Lalu setelah semua di pilih, maka di OK kan saja, dan hasilnya jadi seperti ini.


Yang kamu apakan pakai Pen Tool tadi berubah menjadi selection, setelah itu jangan langsung di hapus, nanti gambar objek yang kamu seleksi itu yang ilang, caranya biar backgroundnya aja yang terhapus, caranya itu pilih menu Inverse


Setelah di Inverse, maka sekarang kamu tinggal tekan Delete, maka backgroundnya bakalan terhapus dan gambar yang kamu inginkan yang tinggal, jadinya itu seperti ini kira-kira


Nah, di situkan masih ada selectionya, cara matikan selectionnya itu dengan tekan CTRL+D selesai deh, sekarang tinggal kamu ganti backgroundnya saja, atau kamu bisa simpan dengan cara Save As, nah di Save As itu kamu ganti dengan format PNG jangan JPEG kalau kamu buat JPEG nanti gambar yang sudah kamu bersihkan bakalan ada background putihnya, kalau PNG tidak ada.


Setelah itu simpan di folder yang kamu ingat dan gampang carinya.

Mungkin itu aja sedikit yang bisa saya bagi kali ini, next kita akan bahas yang  lain, kalau ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah, terima kasih 😁



2 comments:

  1. seandainya ada juga videonyaa...
    kebiasaan malas baca sih ini namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha, next di buat videonya bg, maklum masih pakai alat seadanya, belum bisa buat video ��

      Delete

Terima kasih sudah membaca, menyukai dan mengometari.